--> Skip to main content

Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016

Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016. Banyak teman teman seprofesi yang selalu meminta kepada saya ,ajari dong cara membuat blog ? padahal saya hanya belajar dan mengetahui sendiri dari artikel artikel di internet. Sehingga hasilnya apa yang saya tahu ya itu saja yang saya ajarkan. Dari sinilah saya berusaha membuat sebuah tulisan sederhana ini, mudah mudahan bisa bermanfaat untuk teman teman sekedar untuk bisa mengekspresikan tulisannya melalui blog.

Sebenarnya saya lebih suka menuliskan judul artikel ini dengan cara membangun blog dari pada cara membuat blog , karena untuk membangun sebuah blog harus kita mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan kelanjutannya, sedangkan cara membuat blog lebih pada bagaimana kita mempoles blog sebaik mungkin tanpa memperhitungkan perencanaanya. Namun demikian dari segi riset keyword terasa lebih kompetitif dengan judul cara membuat blog daripada cara membangun blog. Ya akhirnya tetap saya tulis cara membuat blog. 
Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Apapun judulnya yang penting artikel ini berisi rangkaian panduan membuat blog dari nol sampai blog siap mendatangkan rejeki 

Oke, Darimana kita memulai membangun blog ? Ada 4 hal pokok dalam membangun sebuah blog diantaranya :
  • Perencanaan Blog
  • Pembuatan Blog
  • Promosi Blog
  • Monetize Blog
Mari kita jabarkan masing masing dari ketiga poin pokok diatas :


Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Dalam jangka panjang merencanakan blog sama dengan merencanakan sebuah ide bisnis. Karena apapun yang akan kita tulis harus bisa mendatangkan keuntungan secara finansial. Perencanaan blog  sering dikesampingkan oleh kebanyakan seorang pemula untuk membangun blog, bahkan saya sendiri mengawali belajar blog langsung pada mengkotak atik isi blog, padahal didalam perencanaan inilah titik awal dimulainya sebuah blog yang baik dan nantinya akan membuahkan hasil . Demikian juga didalam perencanaan blog ini akan menentukan apakah blog akan tetap survive ditengah tengah persaingan blogging  atau malah tenggelam tanpa bekas.
Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk sebuah blog yang baik :
  1. Niche Blog : Blog jenis apa sih yang akan saya mau buat, apakah blog curhat- curhatan, blog download, blog jualan online atau yang lain. Nah merencanakan niche blog ini adalah poin paling penting diantara poin poin yang lain, beberapa pertimbangan menentukan niche blog menurut saya adalah pada patokan blog yang mempunyai nilai bayaran tinggi di adsense dan kemudian bandingkan dengan kemampun kita dalam menulis konten blog, niche blog manakah yang paling mampu dan termudah untuk dapat kita menulis artikel sesuai dengan profesi dan hobby kita. Kalau ini sudah kita dapatkan berarti langsung menuju poin ke dua. Blog- blog yang mempunyai bayaran tinggi dimata adsense adalah blog bisnis dan keuangan, blog properti, blog otomotif, blog fashion dan kecantikan, blog jualan online, blog teknologi. Sekarang tinggal tentukan tema blog dari beberapa niche blog diatas. 
  2.  Domain dan Sub Domain : Saya cuma akan beri contoh saja tentang domain dan sub domain supaya tulisan ini tidak terlalu panjang. Domain contohnya .com, .net, .blogspot.com, wordpress.com. Dalam domain ada yang menyebutnya dengan Top Level Domain Name adalah deretan kata seperti berikut:
    .com  (dotcommercial) = Komersil
    .net   (dotnetwork) = Network
    .org   (dotorganization) = Organisasi
    .edu  (doteducation) = Pendidikan
    .gov  (dotgoverment) = Pemerintahan
    .mil (dotmilitary). = Militer

    Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level  Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).
    gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas, seperti : .com, .net, dll.
    ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara,  seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

    Mungkin kita semua pasti tidak akan menggunakan TLD kalau dalam belajar blog masih bereksperimen trial and error. Tetapi seiring dengan pengalaman kita didalam blogging maka tak ada salahnya kita menggunakan TLD dengan cara menyewa domain dan hosting berbayar. Karena banyak keuntungan menggunakan TLD dalam monetize blog kedepan. Kenapa saya tidak menggunakan TLD ?, saya akan menunggu sampai seberapa reaksi pengunjung blog dengan tulisan - tulisan dalam blog ini, jika ada respon positif maka saya akan menggunakan TLD nantinya tetapi bila sebaliknya maka saya harus bongkar pasang blog sampai mendapatkan sesuatu yang membuat blog ini mendapatkan apresiasi pengunjung.
    Sub Domain yang menentukan adalah kita sendiri seperti saya membuat sub domain ideoptimasi. Membuat Sub Domain patokannya adalah niche blog. Sesuaikan nama subdomain dengan nama blog, subdomain mudah diingat, sederhana dan tidak terlalu panjang, kalau subdomain satu kata sudah banyak digunakan dan tidak tersedia bisa digabung 2 kata pendek dan unik.
  3. Ide blog : Ingat menulis di blog tidak ada batas waktunya , selama kita masih mampu menulis ya terus menulis. Oleh karena itu, ide blog sesuai dengan profesi atau hobbi agar bisa menggali ide seluas luasnya sehingga hasilnya akan terasa lebih profesional dalam membuat artikel. Blog yang bagus adalah blog yang membahas sebuah fokus ide dan bisa kita kembangkan fokus ide tersebut seluas luasnya dalam satu blog. Sebaliknya blog yang kurang bagus adalah blog yang mengakomodir berbagai ide dan disajikan dalam satu blog (blog gado gado). Bagaimana sebenarnya bisa kita menggali ide melalui optimasi konten tulisan di blog, silahkan baca artikel saya tentang : 6 Strategi Optimasi Dengan Meningkatkan Kualitas Artikel Konten Blog 
  4. Keunikan blog : Blog yang lebih unik dan keren akan lebih pasti banyak pengunjungnya, tapi ingat setiap ada blog baru yang unik dan berhasil mendatangkan pengunjung, pasti banyak yang ingin membuat blog serupa. Contonya dulu ada blog yang berhasil karena menyajikan mp3 suara kicauan burung, karena blog ini sangat populer, banyak para blogger yang ingin membuat blog yang sama. Nah,untuk merencanakan keunikan blog alangkah baiknya selain menyesuaikan dengan hobbi juga harus siap dengan blog referensi yang siap memback up konten konten berkualitas yang akan dipublish dalam blog, supaya blog terus survive.
  5. Peraturan Google : Tentu dalam merencanakan sebuah blog tujuan utama adalah diterima oleh google Adsense untuk mendapat penghasilan dari Google. Blogger harus tahu dan berpedoman dengan Ketentuan dan Peraturan Google Tentang Adsense, atau jika kita masih pemula bisa membaca Kebijakan Google Adsense Untuk Panduan Pemula. disini akan dijelaskan apa yang tidak boleh ditampilkan dalam blog, dan apa saja yang boleh. Yang jelas blog download software, blog download lagu tidak akan di approve oleh Adsense kecuali menggunakan tool tool tertentu untuk menyamarkan link download. Ingat blog (.blogspot.com) adalah milik Google dan pasti kalau kita akan mencari penghasilan dari blog harus mematuhi peraturan Google.


Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Yang Kedua adalah Pembuatan blog. Disini saya akan tuliskan dalam bentuk panduan praktis dan cepat dalam tahapan cara membuat blog sampai blog siap diisi dengan konten yang sesuai dengan niche blog. Banyak blog blog yang menyajikan tahapan cara membuat blog yang bagus sesuai dengan pengalaman pemilik blog. Demikian juga saya akan membuat tutorial serupa sesuai dengan pengalaman yang saya miliki untuk membuat sebuah blog. Bagi saya  karena kesibukan, waktu adalah menjadi pertimbangan utama dalam membuat dan memoles blog. Maka dari itu cara yang paling cepat dan mudah akan saya buat tutorialnya tanpa mengurangi kualitas tampilan blog. Jika kita punya dana yang yang lebih bisa juga memanfaatkan jasa pembuatan blog sampai siap memetik hasilnya. Tetapi kalau mau belajar, ya harus bersabar sampai kita paham dan mampu untuk menapaki tahapan tahapan cara membuat blog. Tahapan cara membuat blog diantaranya :
  1. Mendaftarkan ke blogger untuk mendapatkan akun blogger dan mendaftarkan subdomain yang sudah kita rencanakan ke blogger untuk membuat blog baru dengan domain blogspot.com. Google telah memberikan kemudahan hanya dengan satu email bisa digunakan untuk login ke Blogger, Keyword Planner, Google Analytics, Youtube  bahkan Google Adsense sehingga secara otomatis kalau sudah mempunyai gmail, berarti sudah mempunyai akun Blogger. Nah sekarang bagaimana akun Blogger digunakan untuk mendaftar blog , 2 gambar dibawah ini caranya :  
    Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016
  2. Memoles template : untuk memudahkan membentuk template blog, pilihlah template yang tampilannya elegan dan tampak mewah SEO friendly. Walaupun urusan template ini sesuai selera, namun untuk menu navigasi perpindahan dari halaman per halaman harus mudah dipahami dengan loading yang cepat. Eksperimen trial dan error bisa digunakan untuk membongkar pasang template. Selanjutnya untuk penataan layout template, pengalaman saya setiap kali mencoba mengganti template baru, widget lama yang terpasang di template lama tetap muncul di template baru. Untuk itu harus ditata kembali dan yang tidak perlu dihapus. Cara mudah menghapus widget yang tidak muncul menu tombol HAPUS nya, masuk ke edit template, cari semua kode locked='true' ganti semua dengan locked='false' .Setelah tersusun rapi mulailah mengecek kelengkapan navigasi menu, tempat posting, widget- widget di side bar, footer, space untuk banner dan credit link. Yang paling urgent untuk setting template adalah navigasi menu yang mencover masing masing kategori artikel posting. Maksudnya setiap kali klik menu dinavigasi menu harus muncul posting posting yang mempunyai kategori yang sejenis. Sebelum membuat kategori , kita harus membuat artikel berbeda kategori sebanyak jumlah nama menu navigasinya. kalau ada 7 macam nama menu navigasi harus buat 7 arikel boleh copas artikel dulu untuk setting kategori. Lalu kelompokkan sesuai label yang dibuat
    Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016
    Setelah dibuat semua tinggal  mengganti nama menu navigasinya. Saya akan mengganti nama menu dibawah ini untuk kategori label blog yang akan saya buat :
    Masuk ke Template> Edit html > Tekan Tombol Ctrl+F> ketik Dalam tab Search salah satu dari nama menu diatas :
    Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016
    Warna hitam adalah nama menu navigasi , langsung di ganti sesuai dengan label kategori.Warna merah isi dengan url kategori label yang sama dengan nama menu. Cara mendapatkan urlnya dengan klik salah satu kategori label, copy url dari address bar browser dan pastekan ke yang berwarna merah. Demikian juga untuk mengganti nama menu yang lain . Jangan lupa terakhir SIMPAN TEMPLATE. Langkah berikutnya setting kelengkapan widget di side bar seperti Popular Post, Fans Page, Label, Arsip blog, baner banner dan lain lain. Untuk tempat posting pastikan berapa jumlah post di halaman utama, dan pastikan munculkan kolom komentar dan tombol sosial media. Untuk Credit link,ada semacam peraturan tak tertulis tentang credit link para blogger, untuk menghargai jerih payah template yang sudah di edit seorang blogger, seharusnya tidak usah mengganti url dalam credit link tujuannya adalah ketika template tersebut digunakan, pembuat template akan mendapatkan backlink. Adilkan ?
  3. SEO On Page adalah Optimasi blog yang dilakukan dari halaman blog atau website.Tujuannya adalah google maupun seach engine yang lain akan lebih mengenal blog anda dan mengindeksnya dengan mudah. Beberapa cara untuk SEO off page: 
  • Submit Blog ke Google Webmaster atau Google Search Console (Memasukkan Google Verification Code kedalam Blog)
    Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016
  • Pasang meta tags, keyword judul dan diskripsi blog
    Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016
  • Submit ke Search engine Bing, Yahoo, dan Alexa
  • Memasang Script Tool All in One SEO Pack dibawah <  head >, Gunakan mana yang belum dipasang di blog. Ganti Semua kode Facebook, Twitter, Bing, Alexa dan Google Plus dengan kode milik anda, kalau google sudah ada Google Verification Code dalam blog gak perlu dipasang lagi.
    Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016
Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Ketiga adalah mempromosikan blog yang sudah dibuat. Sampai disini berarti tugas selanjutnya adalah menulis konten blog dan mengenalkannya kepada pengunjung. Tujuannya adalah mengenalkan blog kepada siapa saja agar supaya berkunjung ke blog untuk mengakses informasi dalam blog. Ingat cara ini perlu kejelian dan kesabaran. Sebagai seorang internet marketer perlu menggali terus trik trik mempromosikan blog termasuk didunia nyata termasuk contohnya seperti membagikan souvenir dengan label nama website atau blog anda. Saya menuliskannya berdasarkan cara saya sebagai pemula untuk promosi, kalau yang sudah profesional bisa menggunakan cara cara berbayar untuk memaksimalkan pengunjung. Ingat gunakan trik white hat untuk menjaga segala kemungkinan agar Adsense tidak di Banned.. Berikut adalah diantaranya :
1. Melalui Sosial Media baik Facebook, Youtube, Twitter, Pinterest, Instagram, Chat Grup yang ada hubungannya dengan aktifitas ngeblog.
2. Blogwalking dengan saling klik like dan share artikel, fans page dan meninggalkan komentar di blog. Link exchange hanya untuk artikel bukan mengarah ke home page, untuk menjaga PR blog di mata Google. Demikian juga jangan meninggalkan link blog kita kedalam blog orang lain kecuali diminta oleh si pemilik blog.
3. Aktif di forum forum seperti Kaskus, Bersosial.com, LogViva.co.id, Blog Detik untuk mendapatkan backlink  nofollow maupun untuk meningkatkan traffic blog
4. Guest Blogging yaitu ngeblog di blog orang lain yang mempunyai PR bagus. Caranya cari blog yang menyediakan kiriman artikel dari pengunjung dengan imbalan promosi blog atau backlink. Contohnya blog yang menyediakan kiriman artikel seperti blog ini
5. Mempromosikan atau mereview blog dan produk blog untuk mendapatkan backlink dari blog tersebut.

Masih banyak cara yang lain tetapi saya masih belum mencobanya namun dari cara cara diatas , dengan ditunjang fondasi konten yang bermanfaat saya yakin Insya Allah perkembangan blog semakin hari semakin bagus. Ingat tidak ada cara instant, cukup bersabar, aktif dan selalu memantau perkembangan blog setiap hari.

Mengapa Tidak Dengan Cara Membuat Blog Seperti Ini ?, Update Panduan Praktis Terbaru 2016Terakhir adalah monetize blog, maksudnya adalah setelah blog mendapatkan sejumlah pengunjung blog saatnya untuk membuat blog bisa menghasilkan uang. Semakin banyak pengunjung blog pasti semakin besar uang yang dihasilkan dari blog. Saya sendiri baru memulai membuat blog berarti saya belum pernah mengalami hasil dari blog termasuk dari Google Adsense. Makanya saya tidak menulis dan mereview terlalu jauh tentang monetize blog apa lagi screenshoot pendapatan.Sebagian besar pendapatan blog adalah dari iklan baik dari iklan PPC (Pay Per Click), Iklan Afiliasi Produk, maupun pendapatan langsung dari hasil penjualan online dalam blog. Ingat hampir semua pemilik blog menginginkan pendapatan dari blog. Saya yakin anda juga termasuk diantaranya. Oleh karena itu mari kita bangun blog sebagai investasi, bila blog belum menghasilkan apapun saat ini mungkin bulan depan, tahun depan semakin blog mempunyai umur, dan ditunjang dengan konten konten yang bermanfaat, Insya Allah akan menghasilkan uang.

Demikianlah update panduan blogging dari saya semoga bermanfaat.













 
Berkomentarlah Sesuai Aturan: Apabila Anda ingin berkomentar gunakan kolom yang tersedia, namun komentar yang menyertakan link, komentar yang menggunakan kata p*rno dan kekerasan tidak akan ditampilkan di kolom komentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar