--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Link Yang Rusak Atau Broken Link Di Dalam Blog

 Link yang rusak atau yang sering kita sebut dengan broken link sering kita jumpai ketika kita sedang surfing ke sebuah halaman website tiba tiba muncul informasi Page Error 404. Informasi yang kita inginkan masih muncul di situs pencarian google, tetapi ketika kita menuju ke halaman website yang dimaksud informasi tersebut tidak ada. Mengapa ? karena link informasi tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya atau dipindahkan ke link yang baru. Oleh karena itu untuk menjaga segala kemungkinan agar ranking blog kita tidak turun sebaiknya kita hindari broken link atau menghapus artikel yang sudah kita buat, lebih baik kita perbaiki (renew) kembali agar lebih updated. Baca artikel saya tentang : 4 Langkah Cara Benar Mengupdate Blog

Lantas apa yang menyebabkan broken link ?

Penyebabnya beragam beberapa diantaranya adalah :
  1. Link terhapus
    Jika anda mempublish suatu artikel yang didalamnya terdapat link yang mengarah keluar blog bisa saja telah terhapus kan ? Itu juga dapat menyebabkan broken link. Contoh anda menulis artikel yang outbound link nya mengarah ke blog http://ngeee.net, tetapi domain itu telah habis jangka waktu penggunaannya. Jadinya jika orang mengetik link itu otomatis blognya tidak akan ketemu.
  2. Kesalahan ketik
    Bisa saja saat anda terburu-buru menulis artikel biasanya akan ada beberapa kata yang salah. Termasuk link aktif. Contohnya anda ingin mengetik http://www.ideoptimasi.tk/2016/04/cara-memperbaiki-link-yang-rusak-atau.html malah yang terjadi http://www.ideoptimasi.com/2016/04/cara-memperbaiki-link-yang-rusak-atau.html. Walau hanya salah satu kata tapi buruk akibatnya jadi berhati-hatilah.

Lalu apa akibat yang ditimbulkan jika ada broken link didalam blog ?

Akibat dari adanya link rusak adalah :
  1. Menurunnya pengunjung
    Kok sampai dapat menurunkan traffik visitor ? Ini berawal dari kekecewaan sang pengunjung. Maksudnya anda memberikan sekumpulan link download game atau sejenisnya yang diidam-idamkan oleh visitor, tapi saat hampir mengunduh ternyata ada 'page not found'. Wow maka orang tadi akan sangat kecewa dan akan berganti kesitus lain serta tidak mau lagi berada diwebsite anda.
  2. Dianggap blog spam
    Tentu sajalah, jika blog yang hanya dipenuhi dengan puluhan link yang rusak maka search engine tidak akan menyukai situs anda.
Dampak lainnya akibat adanya broken link lainnya adalah Menurunnya posisi artikel di SERP, Bisa saja masuk kedalam Google sandbox, pagerank akan menurun sedangkan alexa rank akan meningkat, dan akan sulit untuk diindex oleh search engine.
Cara Memperbaiki Link Yang Rusak Atau Broken Link Di Dalam BlogAda 2 jenis link yang sobat buat didalam blog yaitu internal link yaitu link yang mengarah antar artikel atau bagian yang lain dalam satu blog dan eksternal link yaitu link yang sobat buat mengarah atau menuju keluar blog atau menuju ke blog lain diluar blog kita. Mengapa broken link harus diperbaiki ? bayangkan jika seseorang ingin mencari informasi yang sangat diinginkan tiba tiba informasi tersebut menuju ke 404 Error Page, maka dipastikan langsung akan meninggalkan blog atau website tersebut. Nah jika ini terjadi bounce rate akan membengkak dan menurunkan peringkat page blog.

Bagaimana cara memperbaiki broken internal link ?

Masuk ke Google Search Console. > Crawl (Perayapan) > Crawl Error (Kesalahan Perayapan)> Centang dan Klik Tandai Sebagai Telah Diperbaiki



Klik Oke


Untuk memperbaiki broken external link :
  • Kunjungi Broken link Checker
  • Klik Find Broken Link dan ikuti tanda panah dibawah
  • Nah sekarang sudah ketemu silahkan dihapus atau diarahkan dengan benar

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat


Berkomentarlah Sesuai Aturan: Apabila Anda ingin berkomentar gunakan kolom yang tersedia, namun komentar yang menyertakan link, komentar yang menggunakan kata p*rno dan kekerasan tidak akan ditampilkan di kolom komentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar