--> Skip to main content

9 Cara Mudah Menciptakan Ide Posting Ke Dalam Blog

Membuat blog identik dengan menulis. Jika anda berencana membuat blog baru maka bersiap siaplah menambah waktu anda untuk menulis di blog, karena blog yang berkualitas menampung segala ide sendiri apapun dan bagaimanapun kemampuan dan pengetahuan anda dalam menulis di blog. Jadi jangan malu atau ragu untuk menulis jika kemampuan menulis kamu masih pas pasan. Lalu kapan saat yang pas untuk memulai menuangkan ide menulis blog ?, Jawabnya adalah ketika ide dalam otak ini jangan sampai berlalu begitu saja tanpa tercoret diselembar kertas, karena kalau sudah berlalu sulit untuk menuangkan kembali apalagi  jika muncul ide ide yang baru.

Nah sobat blogger, berikut adalah cara menciptakan sebuah ide posting dengan mudah dan cepat apapun niche blog sobat :

9 Cara Mudah Menciptakan Ide Posting Ke Dalam Blog1. Menceritakan Pengalaman : Siapapun punya pengalaman untuk diceritakan. Bagaimana awalnya anda mengalaminya dan mendapatkan passion anda ?. Apa saja yang anda lakukan untuk mencapai dan mendapatkan keahlian anda sampai dengan saat ini ? dan pengalaman-pengalaman lain yang dapat memberikan inspirasi pembaca.

2. Membagi pengetahuan dan keahlian : Rata - rata pembaca blog adalah orang awam yang ingin mencari informasi yang lebih detail, sehingga jika anda punya pengetahuan dan keahlian tentang melakukan sesuatu secara detail, maka ini adalah ladang emas bagi anda. Apakah anda ahli dalam editing menggunakan photoshop ? atau anda ahli dalam meramu musik menggunakan Fruity Loops Studio untuk membuat musik digital ? Silahkan di sharing dalam sebuah blog.

3. Ciptakan list-nya : Seperti halnya ketika anda membuat daftar kebutuhan belanja setiap bulan, menulis blog juga perlu membuat sebuah daftar apa saja yang akan anda tulis. Seperti tulisan ini adalan hasil dari list- list yang sudah saya ciptakan sebelumnya , dan setelah anda dapatkan maka tulisan anda akan mengalir dengan cepat tanpa kehabisan ide.

4. Menulis review : Apakah sobat mempunyai product yang sobat sukai untuk bisa dibagikan kepada pembaca ?  Merk terbaru sebuah ponsel, games legendaris, houseware tool yang irit pemakaian listrik dan lain lain. Anda tidak selalu harus merekomendasikan untuk membeli atau memakainya. Informasi detil dan pengalaman anda selama memakai produk tersebutlah yang diinginkan oleh pembaca anda.

5. List sumbernya : Jika anda menulis sebuah artikel blog yang mengambil ide dari blog lain, jangan lupa menuliskan list sumbernya yang asli. Ingat pentingkan membangun audience adalah dengan trust dan relashionships. Apakah anda ingin tulisan anda dicontek orang lain tanpa menuliskan sumbernya dari anda ? Tentu saja tidak. maka jika tulisan anda ingin mendapatkan kepercayaan dari pembaca anda silahkan dibuat sumber aslinya, maka pembaca anda akan sama dan melakukannya seperti anda. Jika tetap melakukan pencurian dari anda. Banyak cara untuk mencegahnya.

6. Guest Posting : Menjadi penulis tamu dalam blog orang lain banyak keuntungannya. Selama ini banyak dilakukan blogger hanya untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dengan guest posting ke blog- blog yang mempunyai PR bagus, sehingga dengan guest posting pasti blog pemilik posting juga akan terdongkrak PR nya. Nah, jika hal diatas di lakukan dengan sebuah keinginan membangun kerjasama dengan blogger lain dalam sebuah grup yang mempunyai kesamaan niche blog, maka hasilnya akan lebih fantastis.

7. Posting Opini : Jika anda punya ide kontroversial silahkan sharing dalam blog, maka ide tersebut akan banyak yang menanggapi baik tanggapan positif maupun negatif. Jadikanlah anda sebagai moderator yang baik untuk merangkul semua pembaca. Dari komunikasi tersebut akan membuat blog lebih responsif dan tentu saja trafik akan bertambah.

8. Posting Interview : Cara ini banyak digunakan blogger blogger profesional untuk meningkatkan brand dalam blogging. Orang yang diinterview pasti bukan orang sembarangan, dan ini membutuhkan keberanian dan kelihaian seorang blogger untuk mengambil hati narasumber. Jika ini sudah anda dapatkan, hanya satu kata : Excellent.

9. Recycle Posting : Mengupdate posting posting lama sangat dibutuhkan, apalagi yang sudah tidak relevan lagi seperti teknik teknik SEO yang lama. Tetapi jangan lupa, untuk mengedit updating post yang lama ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Silahkan baca tutorial saya tentang 4 Langkah cara Benar Mengupdate Blog

Demikian artikel saya kali ini semoga menambah manfaat untuk tetap menulis blog hasil kreasi kita sendiri.

Baca Juga :

 













Berkomentarlah Sesuai Aturan: Apabila Anda ingin berkomentar gunakan kolom yang tersedia, namun komentar yang menyertakan link, komentar yang menggunakan kata p*rno dan kekerasan tidak akan ditampilkan di kolom komentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar